Pemerketatan Visa Umroh Oleh Saudi


Pemerintah Arab Saudi memperketat visa umroh mulai tahun ini. Jika visa untuk 500 jemaah umrah, atau satu persen, yang diselenggarakan oleh biro-biro perjalanan ternyata over stay, perusahaan tersebut tak dapat mengurus visa lagi.

“Menghentikan layanan visa bagi perusahaan-perusahaan semacam itu akan terus berlanjut sampai jumlah orang yang over stay berkurang dan memenuhi syarat-syarat yang berlaku,” ujar Menteri Haji Arab Saudi Bandar Hajjar, seperti ditulis Saudi Gazette, koran Jeddah, Selasa (28/1/2014).

Pernyataan kementerian haji Saudi mengungkap bahwa jumlah jemaah Umrah yang over stay tahun lalu meningkat dibanding tahun sebelumnya, tulis Saudi Press Agency.

Kementerian Haji Saudi menerbitkan total 1,7 juta visa Umrah sejak musim Umrah saat ini pada 1 Safar (4 Desember). Tercatat 935.000 jemaah tiba di Saudi, 516.000 di antaranya sudah pulang ke negara mereka masing-masing.

Menteri Hajjar mengatakan ada 48 perusahaan Umroh di Saudi yang berlisensi untuk musim Umrah saat ini.

Prosedur penerbitan visa disederhanakan setelah diperkenalkan melalui jaringan elektronik dan memperluas sistem digitalisasi dengan presisi tinggi agar menjamin kemanan, kenyamanan dan keberangkatan jemaah Umrah.

Bagikan
Print this pageEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Pin on PinterestShare on Tumblr